Senin, 27 Januari 2014

Bantuan untuk Nelayan tak Kunjung Turun

CILAMAYA KULON, RAKA- Cuaca ekstrem di pesisir Pantai Utara masih menghantui sejumlah Nelayan Karawang. Betapa tidak, akibat cuaca dan gelombang pasang selama dua pekan terakhir, ribuan nelayan berhenti melaut sampai pemukimannya terendam banjir dan sampai saat ini kondisi air laut masih pasang.  Namun, sejumlah bantuan bagi nelayan tak kunjung terealisir, padahal surat sudah dilayangkan kesejumlah pihak terkait termasuk Dinas Sosial Kabupaten Karawang.
 "Nelayan dua pekan gak melaut, gak bisa dibayangkan kerugiannya, sayangnya bantuan juga belum turun ke nelayan," kata ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Karawang, Tarpin Ardinata kepada RAKA, Minggu (25/1).
Tarpin mengaku belum tahu sampai kapan nelayan masih absen melaut, karena ombak angin barat masih besar, tapi biasanya sesudah Imlek  cuaca baru bisa bersahabat. Ia menghitung, jika dalam sehari saja tidak melaut nelayan rugi Rp 200 ribu, sedangkan jumlah nelayan, ABK dan juragan kurang lebih ada 8000 ribu orang yang biasa melaut, belum termasuk nelayan jaring badut, jarung pancing rawe, jaring sudu dan nelayan tanpa perahu. Artinya, lebih dari 11 ribu nelayan merugi. Karenanya, HNSI sejak hari Minggu (20/1) lalu sudah kirim surat ke dinas sosial supaya bisa mebantu nelayan yang berhenti melaut seperti kompensasi beras, hanya saja  sampai sekarang belum ada jawaban, sedangkan kebutuhan sehari-hari tidak bisa dihindari termasuk kebutuhan buat anak -anak sekolah dan panganan lainnya. "Dari nelayan terpaksa harus menghutang lagi sama pihak ketiga, saat ini meskipun sudah hampir kembali normal cuacanya tapi bantuan belum ada," ujarnya. (rud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar