Jumat, 24 Januari 2014

Bismillah, Anak PKBM Juga Harus Sukses UN

PKBM selaku wadah pendidikan non formal yang berada dibawah naungan Pendidikan Non Formal Indonesia Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang memiliki komitmen kuat untuk mensukseskan gelaran Ujian Nasional (UN), yang menurut rencana akan dilakukan pada bulan April mendatang. Beragam persiapan mulai dimaksimalkan para siswa didik baik yang tercatat dalam Paket B maupun Paket C.

Tedi Fitnaguhardi selaku Wakil Ketua Forum PKBM Kabupaten Karawang sekaligus Ketua PKBM Harapan Bangsa menjelaskan bahwa tanggal 14 April 2014 siswa Paket C bakal melaksanakan UN. "Khusus Paket B disusul satu minggu kemudian. Tepatnya, tanggal 22 April 2014 berbarengan dengan sekolah formal yang lain," jelasnya mengawali perbincangan.
Jumlah peserta paket C se Kabupaten Karawang diprediksi mencapai angka 2500an peserta. Angka itu tidak terlalu jauh dengan jumlah peserta Paket B. Mengingat masing-masing PKBM memiliki jumlah murid yang berbeda-beda. "Misalnya, untuk PKBM Harapan Bangsa jumlah murid Paket C sebanyak 182 yang akan melangsungkan UN, untuk Paket B 101, untuk Paket A 50 siswa," tandasnya lagi.
Semakin banyak jumlah murid yang belajar di PKBM menunjukan bahwa pendidikan non formal mulai menyedot perhatian masyarakat. " Mungkin sekarang keberadaan PKBM benar-benar dirasakan warga. Ini terbukti dari tingginya animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di PKBM. Selain itu, bantuan yang diberikan Pemerintah Daerah maupun Dinas Pendidikan ikut menstimulus kualitas belajar mengajar bagi pendidikan formal. Khususnya dengan semakin meningkatnya Bantuan Operasional Pemeliharaan dan dan Fasilitas (BOPF)," kata dia.
Jumlah PKBM se-Karawang sendiri, tutur dia, ada 40 PKBM yang sudah terdata online lengkap dengan Nomor Induk Lembaga (Nilem). "Yang belum terdata dan masih dalam proses ada sekitar 30 PKBM lagi," sambungnya.
Disinggung mengenai materi Ujian Nasional bagi paket C, ia menjawab setidaknya ada 7 mata pelajaran wajib. " Khusus untuk kabupaten tidak ada program IPA, semuanya IPS. Materinya yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, PKn, Sosiologi, Geografi dan Ekonomi. Dengan minimal nilai batas lulus sekarang  ialah 4,7. Nilai itu setelah digabungkan antara nilai sekolah dengan UN," kata dia lagi. Tak lupa, ia juga berharap agar pelaksanaan UN bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan.(fah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar