Jumat, 24 Januari 2014

Pengungsi Dengklok Jatuh Sakit

Berbagai penyakit menyerang korban banjir di Kecamatan Rengasdengklok. "Yang paling banyak, warga mengeluhkan sakit kepala dan mual. Makanya selain mendatangi dan memberikan bantuan kita juga menggelar pengobatan gratis untuk warga," kata Ketua DPRD Karawang, Tono Bahtiar di sela-sela kunjungannya ke Kampung Katalaya Rengasdengklok, kemarin.

Menurut Tono obat-obatan sangat diperlukan selain kebutuhan pokok lainnya. " Banyak warga yang sakit kepala dan mual dan yang paling banyak adalah gatal-gatal. Hal ini karena warga sering bersentuhan dengan air kotor akibat banjir, sementara pasokan air bersih kurang.
Sebelumnya di tengah guyuran hujan, Ketua DPRD itu juga melakukan pengobatan gratis bagi korban banjir di Kampung Kosambi Pugur, Desa Sindangmukti, Kecamatan Kutawaluya.
Menurutnya, pengobatan gratis ini dilakukan selama musim hujan, terutama bagi warga yang kebanjiran. Pengobatan ini sudah dilakukan pihaknya selama sepekan ini di beberapa daerah, diantaranya di Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Tempuran, Cilebar, Pedes, Batujaya, Pakisjaya, Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Kutawaluya dan Rengasdengklok.
Tercatat, sudah ribuan pasien diobati dari usia anak-anak, dewasa dan manula yang rata-rata sakit gatal akibat kutu air, ISPA dan flu. Bagi pasien yang sakit parah, akan langsung dirujuk ke rumah sakit. Untuk memfasilitasi itu, ia sudah menyiagakan ambulan khusus.
"Banjir terjadi di semua desa, tenaga medis tidak bisa menjangkau semua lokasi banjir. Kami datang ke pelosok-pelosok desa," katanya.
Sementara itu Kapolsek Tirtajaya AKP Nana Sutisna SH beserta anggotanya membantu korban banjir di Dusun Cinara, Citopeng, Ciwaru, Kamurang, Kampung Baru, Saca dan Serani. Yang diberikan adalah bantuan berupa mie instan, air mineral, makanan kecil dan pakaian layak pakai. Sumbangan tersebut semua hasil dari kepedulian anggota yang dikumpulkan untuk membantu para korban banjir di wilayah kerjanya.
"Bantuan ini sebagai tanda kepedulian kami beserta anggota untuk sedikit meringankan beban para korban banjir yang tempat tinggalnya digenangi air," ujar Kapolsek.
Selain memberikan bantuan Polsek Tirtajaya juga mengimbau kepada masyarakat tidak terlena dalam kondisi seperti ini namun harus tetap menjaga keamanan di lingkungannya dari tindak kejahatan yang mungkin saja di manfaatkan dalam situasi bencana terutama pada pemilik  hewan ternak maupun harta bendanya.
"Untuk kondisi seprti ini keamanan dan kewaspadaan tetap dijaga.Pasalnya mungkin saja kesemaptan seprti ini akan dimanfaatkan oleh yang tidak bertanggungjawab," imbaunya. (dri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar