Rabu, 05 Februari 2014

SPJ Bangub Karawang Terbaik di Jawa Barat

KLARI,RAKA- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dalam pengelolaan Bantuan Gubernur (Bangub) untuk Kabupaten Karawang diklaim sebagai yang terbaik se-Jawa Barat. Dari total 297 desa yang menerima bantuan, 76 persen diantaranya sudah mengumpulkan SPJ. Bagi yang belum, masih diberi kesempatan untuk mengumpulkan SPJ hingga pelaksanaan bimtek bagi para kepala desa di akhir Februari nanti.
Syueb Sulaiman, Kepala Bidang Pengembangan Desa BPMPD Karawang menerangkan, sejauh ini pengumpulan SPJ Bangub dinilai tertinggi di Jawa Barat. "Alhamdulillah, pengumpulan SPJ kita dianggap terbaik di tingkat provinsi. Angka pengembalian SPJ Bangub hingga kemarin mencapai 76 persen," jelas dia.
Baginya, prestasi itu layak diapresiasi karena kabupaten lain belum bisa menandingi Karawang dalam hal pengumpulan SPJ. Terlebih, bagi desa yang belum mengumpulkan, tidak bisa mendapatkan program Bangub ditahun 2014. "Itu sebagai prasyarat utama untuk mendapatkan program serupa. Bagi mereka yang tidak mengumpulkan, tidak boleh mendapat Bangub kembali," katanya mengingatkan.
Tak lama lagi, tim provinsi juga bakal memberikan Bimbingan Teknis bagi para kepala desa se- Jawa Barat. Untuk Karawang sendiri, berdasarkan jadwal akan digelar pada tanggal 21-26 Februari di Lembang, Bandung. "Nanti bakal di buat 2 angkatan. Masing-masing angkatan bakal mengikuti Bimtek dua hari lamanya. Nanti disana akan disampaikan soal teknis tentang pengelolaan bantuan gubernur mulai dari teknis pencairan, pengelolaan dan pertanggungjawaban," papar Syueb.
Bagi mereka yang belum menyerahkan SPJ, dihimbau membawa berkas-berkasnya saat Bimtek. Sebab, batas akhir pengumpulan SPJ akan dilakukan pada akhir Februari. "Daripada kena sanksi, bagi desa yang belum ngumpulin, nanti waktu Bimtek batas akhirnya," katanya menyudahi wawancara. (fah)

1 komentar: