Kamis, 27 Maret 2014

Puskesmas Poned Pangkalan Diresmikan

PANGKALAN, Sekitar Karawang - Pelayanan kesehatan khususnya persalinan ibu melahirkan memang perlu ditingkatkan. Selain untuk meminimalisir angka kematian ibu dan anak, peningkatan layanan tersebut juga sebagai bentuk kualitas layanan kesehatan, yang diharapkan turut memicu kunjungan ibu hamil ke pusat-pusat kesehatan setempat.

Terkait itu, Dinas Kesehatan Karawang baru-baru ini, meresmikan Puskesmas Pelayanan Persalinan atau Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Dasar (Poned). Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang, dr H Nurdin Hidayat, kemarin, menyampaikan
hampir semua kecamatan sudah memiliki gedung untuk pelayanan persalinan yang buka dalam 24 jam. Layanan kesehatan ini juga melayani pasien-pasien untuk penyakit umum. Diharapkan, dengan adanya gedung kesehatan nantinya kualitas kesehatan akan terpicu.
"Secara otomatis pelayanan kesehatan untuk pasien umumpun pasti terlayani. Jadi bukan hanya melayani persalinan. Layanan kesehatan ini tidak membedakan bentuk pelayanan. Karena biar bagaimanapun dengan adanya pelayanan persalinan berarti harus ada juga pelayanan umum," ucap dr H Nurdin Hidayat.
dr H Nurdin memandang, perkembangan masyaSekitar Karawangt diwilayah kerja Puskesmas Pangkalan akan melonjak pesat. Sebab dengan dimulai adanya beberapa perusahaan berarti jelas penduduknya akan meningkat. Semua itu dapat dipastikan membutuhkan pelayanan kesehatan. Maka itu berbagai penunjang pelayanan kesehatanpun harus ditingkatkan, terlebih peningkatan Sumber daya manusianya itu sendiri. "Pada hakikatnya yang terpenting dalam peningkatan pelayanan yang paling utama harus ditingkatkan adalah SDM itu sendiri, dibanding dengan fasilitas lainnya," ucapnya.
Tidak hanya itu, Nurdin juga menambahkan, dari keberadaan dan perkembangan di Pangkalan merupakan peluang yang harus di sikapi dengan berbagai pelayanan. Hal tersebutpun bukan hanya di Pangkalan namun diseluruh kecamatan. Karena alasan tersebutlah keberadaan gedung poned tersebar hampir ditiap kecamatan. "Kita berharap dengan adanya poned diharapkan pelayanan kesehatan terus meningkat," harap lelaki yang mempunyai historis di kecamatan Pangkalan ini.
Sementara itu, Camat Pangkalan Drs Usep Priatna, dikonfirmasi secara terpisah, hanya berharap dengan peresmian Gedung Poned tersebut nantinya pelayanan kesehatan di kecamatan yang dipimpinnya akan bertambah baik. "Semoga dengan adanya peresmian Poned ini pelayanan kesehatan di Kecamatan Pangkalan akan semakin prima. Keberadaan sebuah poned di sebuah daerah akan selalu berangkat dari prestasi Puskesmas yang ada diwilayah bersangkuta. Karenanya dengan adanya Poned ini salah satu ciri kepercayaan pemerintah terhadap Puskesmas ini," ucap camat.
Camat juga menambahkan kegiatan peresmian poned tersebut sekaligus kegiatan rutin mingguan atau minggon yang biasa di gelar setiap hari selasa. Disampaikan juga untuk lebih efektif dan efisien maka kegiatan ini digelar secara sekaligus (berbarengan dengan peresmian Poned, red). "Dalam kegiatan ini selain peresmian Poned itu sendiri yang lebih penting lagi sosialisasi terhadap masyaSekitar Karawangt yang terwakili secara representatif oleh kepala desanya masing-masing," ucap camat Pangkalan. (ark) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar