Rabu, 12 Maret 2014

Wadahi Potensi Siswa dengan Ekstra Kulikuler

PLERED, RAKA � Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 1) Plered memfasilitasi pelajar agar aktif dalam wadah pelajaran ekstra kulikuler yang disediakan disekolahnya. Hal itu dilakukan pihak sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan potensi dan kemampuan siswa.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMPN 1 Plered, Ade Rahman mengaku, pelaksanaan penjaringan para siswanya terus dilakukan, mengingat pelajar yang begitu banyak pasti memiliki keinginan dan hobi yang berbeda-beda. Sehingga, pembina di masing-masing ekskul dapat mewadahi para pelajar, agar setiap kegiatan dan pelaksanaannya dapat tersalurkan dengan tepat, dengan arahan dari dewan guru atau pembina dimasing-masing eskul. Dengan begitu, kegiatan siswa dengan wadah organisasi bisa diarahkan. "Agar hobi dan minat yang dimiliki dan berkembang, tentu saja harus bersifat positif," terang Ade kepada Radar Purwakarta.
Pihaknya menjelaskan, salah satunya ekskul yang banyak digemari para pelajar adalah pasukan pengibar bendera (Paskibra) SMP Negri 1 Plered yang sudah banyak mendapat thropy kejuaraan dari setiap perlombaan yang sudah diikuti. Hal itu bukan didapat dari cuma-cuma, melainkan hasil dari upaya yang dilakukan para pelajar melalui latihan dan kerja keras para siswa. Namun hal tersebut tidak menjadi beban siswa, karena berangkat dari kesukaan dan minat yang kuat dari para pelajar. "Alhamdulilah, dari beberapa kali mengikuti perlombaan, kita sempat juara satu, juara tiga," terangnya.
Ade juga mengatakan, jika Paskibra SMP Negri 1 Plered merupakan pasukan andalan dalam pelaksanaan peringatan 17 Agustus, sebagai pasukan pengibar bendera. Tentu hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi anak-anak, dan juga pihak sekolah. Karena telah ikut memberikan kontribusi dalam pelaksanaan peringatan hari istimewa itu. "Artinya, anak-anakkan sudah memberikan peranan dalam pelaksanaannya. Tentu hal tersebut tidak dapat ternilai,"ujarnya.
Pihaknya berharap, dengan memaksimalkan peranan eskul yang ada disekolah sesuai dengan minat dan bakat siswa, diharapkan menghasilkan sebuah prestasi yang dapat mengharumkan nama baik sekolah dan Kabupaten Purwakarta. "Mudah-mudahan dengan adanya eskul-eskul disekolah, mampu mendongkrak dan mengembangkan kreatifitas anak yang mengharumkan nama baik sekolah," harapnya. (awk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar