Sabtu, 25 Januari 2014

LPJ UPK Lemahabang Terus Diundur

LEMAHABANG WADAS, RAKA- hasil rapat Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) UPK Gemalembayung Lemahabang, sebelumnya menentukan Musyawarah Antar Desa (MAD) Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) akan digelar 23 januari atau sekitar minggu ke 3 bulan Januari. Namun BKAD kembali menganulir pernyataannya dan mengatakan bahwa LPJ akan digelar pada 28 Januari.
Disisi lain, BPMPD selaku PJOK sempat menanyakan pelaksanakan MAD LPJ di Lemahabang. Terakhir BKAD menuding Fasilitator Kecamatn (FK) kurang maksimal menyiapkan segala sesuatunya seperti program yang belum rampung, termasuk proposal ajuan tahun anggaran 2014 juga belum masuk. "FK harus maksimal, bisa-bisa UPK Lemahabang yang LPJ nya paling terakhir," kata ketua BKAD Lemahabang, Rudi Haerudin.
Sementara saat ditemui di kantor UPK, Fasilitator Kecamatan (FK) Cucu mengatakan, program 2014 diakuinya agak terhambat soal usulan kegiatan penulisan kegiatannya yang hakikatnya telah dilakukan sejak Oktober akhir. Namun penulisan saat dimintai proposal tak kunjung ada yang masuk dari desa, padahal pihak FK sudah berikan format dan membimbing pengisiannya agar bisa segera selesai. Namun  faktanya, sampai verifikasi mau dilaksanakan, baru sebagian proposal yang masuk sampai saat ini. Dirinya juga sempat konsultasi dengan Fasilitator Kabupaten, agar MAD dipadukan antara MAD proiritas dan juga LPJ dalam satu hari, mengingat sisi anggaran dan kondusifitas.
Cucu memastikan, bahwa MAD tidak akan lewat bulan Januari. Ia menyayangkan pernyataan BKAD yang konon tanggal 23 Januari akan ada MAD prioritas dan LPJ, sementara tanggal tersebut belum ada pemberitahuan pada UPK, karena memang sejak awal mengagendakan tanggal 28 Januari ini. "Saat ini verifikasi sudah dilaksanakan, tinggal pembahasannya saja dan peningkatan kapasitas 2 desa lagi," ujarnya.
Sementara itu, ketua UPK Gema Lembayung, Mulya Syafari, mengakui penulisan usulan sebulan setengah lalu sudah dilakukan. Jika dikatakan agak lambat, dirinya tak menampik. Saat ini RKPDES juga urung rampung. UPK dalam hal ini hanya mendorong dengan FK, format sudah disediakan, tinggal nanti penggabungan prioritas dan LPJ dilaksnakan. "Lpj sudah selesai, kadang ya memang di desanya yang lambat, meskipun formatnya sudah dilakukan," terangnya.
PJOK Kabupaten BPMPD Karawang, Indra, mengaku belum banyak tahu kecamatan mana saja yang sudah melaksanakan MAD prioritas dan LPJ. Seharusnya, LPJ sudah dilakukan sejak Januari awal. Saat ini pihaknya terus mendorong agar UPK segera menggelar LPJ. "Nanti kita koorrdinasi dulu dengan fasilitator kabupaten, kecamatan mana saja yang sudah LPJ," pungkasnya. (rud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar