Jumat, 14 Februari 2014

Atasi Sampah Karawang Wetan Tambah 2 TPS

KARAWANG, RAKA - Gerakan membuat karawang bersih terus dilakukan Kelurahan Karawang Wetan, salah satunya dengan membangun tempat pembuangan sampah (TPS). Kali ini lingkungan di ruas jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) akan dibangun dua TPS agar warga tak membuang sampah di TPS liar.

Hal itu diungkapkan Lurah Karawang Wetan Dedi Supardi kepada RAKA, Kamis (12/2). "Kita sedang membuat TPS di jalan otista," Ucapnya. Pembuatan TPS itu rencananya akan dibuat dua TPS disepanjang jalan otista ini. Dedi merinci, TPS pertama nantinya akan mengcover warganya yang berada di RW 16, 17, 21 dan Rw 25 sedangkan TPS kedua ini ditempatkan untuk mengcover warga di Rw 8 dan Rw 7.
Pasalnya selama ini ribuan warganya ini membuang sampah di lahan kosong di jalan otista, sehingga menjadi TPS liar. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya pembuatan TPS ini warga tidak lagi membuang sampah di TPS liar tersebut tetapi di TPS. "Itu (TPS) unyuk menanggulangi sampah dari otisita, karena salama ini buang sampah di lahan kosong, tapi nanti itu kita tutup (TPS liar)," ungkapnya.
Soal sumber dana pembuatan TPS ini, diakui Dedi adanya dari bantuan pengembang perumahan, dan juga ada yang murni swadaya masyarakat. Dedi mengapresiasi kepedulian  warganya terkait sarana kebersihan ini. "TPS di lingkungan RW 7 dan 8 itu swadaya, dan itu yang satu lag bantuan dari pengembang, dan makannya itu swadaya masyarakat," tuturnya.
Selain itu Dedi berharap, dengan adanya keberadaan TPS ini dapat membantu masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. "Dengan adanya TPS ini membantulah untuk membuang sampah tidak sembarangan, kedua menciptakan lingkungan karawang bersih dan sehat, dengan bersinergi dengan program pemerintah dengan motto karawangku bersih,"seru Dedi.
Selain di ruas jalan ini, Dedi juga berencana secara bertahap akan membangun TPS dilingkungan yang belum memiliki TPS. Karena dengan upaya ini, menjadikan salah satu gerakan karawang bersih, dan tidak ada lagi TPS liar. "Selain disini, nanti akan ada secara bertahap akan dibangun di lingkungan kita, yang belum ada TPS nya," pungkasnya. (vid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar