Selasa, 11 Februari 2014

Banyak Peserta Marawis Gagal Beraksi

-Tak Terakomodir Panitia Lomba Seni Islam

PANGKALAN, RAKA - Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Pangkalan dan MUI Pangkalan menggelar pengajian yang diwarnai lomba qasidah, marawis, hingga menyantuni anak yatim piatu dan tidak mampu, baru-baru ini.

Ketua MUI Pangkalan, KH Hasan Bakri, mengatakan, kegiatan ini bukan hanya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, tapi juga ajang menjaga kekompakan semua lapisan masyarakat hingga aparatur pemerintah. "Pada dasarnya ini merupakan kegiatan pengajian rutin yang dilakukan sebulan sekali. Jadi peringatan ini bertujuan agar pengajian diikuti oleh masayarakat lebih banyak lagi," tuturnya,
Ia melanjutkan, jika seseorang belajar agama secara serius, maka bukan hanya mendapatkan ilmu atau bekal di akherat saja, melainkan juga akan mendapatkan bekal untuk kehidupan dunia. "Dalam pelajaran agama juga diajarkan tentang kehidupan di dunia," tuturnya.
Kepala KUA Pangkalan, Dede Arif SHI, mengatakan, sesuai dengan kesepakatan berbagai pihak terutama tokoh agama dan tokoh masyarakat, maka peringatan Maulid Nabi Muhammad beriringan dengan perlombaan qasidah, marawis, serta santunan. "Seharusnya kegiatan perlombaan digelar dalam waktu dan hari yang berbeda, di hari akhirnya baru kegiatan maulid. Sebab selain menjadikan lebih repot juga banyak kelompok yang akan ikut berpartisipasi, namun tidak dapat terakomodir, karena mengingat waktu yang akhirnya kami hanya dapat mengakomodir dua kelompok dari tiap desa," ungkapnya.
Diketahui, dari semua kelompok yang perpartisipasi, juara pertama qasidah diraih oleh kelompok dari Majelis Taklim Al-Hikmah dari Desa Medalsari, untuk juara kedua diraih oleh kelopok Majelis Taklim Jamiatul Khoeriyah dari Medalsari, dan juara ketiga diraih oleh Majelis Taklim Ar-Rohmah dari Desa Tamansari.
Para penyelenggara inipun memberikan apresiasi pada peserta hingga meraih juara harapan, harapan pertama diraih oleh Majelis Taklim Al-Mutaqin Desa Ciptasari, harapan kedua diperoleh oleh Majelis Taklim khoerul Falah dari Desa Jatilaksana, dan juara harapan tiga Majelis Taklim Al-Khoeriyah dari Desa Ciptasari. Sementara untuk marawais hanya sampai juara II yaitu dengan urutan juara satu Al-Mustofa dari SMAN 1 Pangkalan, dan juara duanya diraih oleh Sirojul Atfal dari MTs Sirojul Atfal Desa Tamansari. Bahkan diceritakan dalam kegiatan tersebut untuk qasidah ada juga peserta favorit dengan kategori tertua diperoleh Arman (60) dan termuda Khoerunisa (10). (ark)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar