Sabtu, 08 Februari 2014

Panwas Siap Panggil Gina

- Kekurangan Berkas Sudah Dilengkapi

TIRTAMULYA,RAKA- Dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh Gina Swara Fadlia selaku Calon Legislatif dari Partai Gerindara terus disorot Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Karawang. Bahkan lembaga pengawas itu menyatakan dengan tegas jika anak bupati itu terbukti melanggar, bakal dilakukan pemanggilan. Kendati demikian, ia mengaku masih menunggu laporan dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tirtamulya dalam ruang klarifikasi kepada saksi-saksi dan pengumpulan alat bukti.
Dikatakan Nourkinan MM, Ketua Panwaslu Kabupaten Karawang, kepada RAKA mengaku belum menerima laporan tertulis terkait klarifikasi yang dilakukan oleh Panwas Kecamatan Tirtamulya terhadap para saksi. "Belum ada, tapi laporan kemarin sudah masuk kemarin. Namun ada yang kurang, jadi saya perintahkan untuk dilengkapi lagi. Nah saat ini, Panwascam Tirtamulya masih melakukan pendalaman dan klarifikasi terkait dugaan pelanggaran pidana tersebut," tandas Nourkinan.
Ia berjanji, bahwa kendati Gina Swara merupakan anak Bupati Karawang, ia tak akan pandang bulu jika terbukti bersalah. "Kalau memang berdasarkan laporan Panwas Tirtamulya yang didalamnya menyertakan keterangan saksi-saksi serta bukti yang kuat dengan tindak pidana pemilu itu, yang bersangkutan dalam hal ini Gina Swara bakal kami panggil," tegasnya.
Sementara itu, Ketua Panwascam Tirtamulya, Ghofur saat dimintai keterangan ulang soal progres pemeriksaan mengaku sudah melengkapi beberapa berkas yang kurang. "Intinya kami sudah melakukan klarifikasi dalam banyak hal soal dugaan pelanggaran ini. Rencana sore nanti (kemarin) kita akan ke Karawang untuk melaporkannya ke Panwas Kabupaten," katanya singkat.
Dalam keterangan yang dihimpun Panwascam Tirtamulya, stiker yang dibagikan bagi korban banjir itu ternyata juga berisi gambar Gina Swara dan Hj Nurlatifah. "Tapi disana tertulis, Latifah sebagai caleg dapil 4 padahal dibagikan di dapil 5. Kami menilai itu bukan pelanggaran karena beda dapil. Namun soal Gina Swara memang tidak peduli dapil 5 atau 4, karena yang bersangkutan caleg DPRD Provinsi, jadi inilah yang jadi persoalan," sambungnya.
Diberitakan sebelumnya, momentum banjir yang melanda wilayah Tirtamulya membuat banyak kalangan berempati dan memberikan berbagai macam bantuan. Tak terkecuali para Calon Legislatif yang bakal bertarung dalam pemilihan umum pada 9 April 2014 mendatang. Kendati dilandasi rasa kemanusiaan, bantuan itu hendaknya tidak berbau politis apalagi sampai melanggar peraturan yang ada. Seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu tatkala salah seorang Caleg dari Partai Gerindra, Gina Fadlia Swara membuat heboh media massa setelah dikabarkan memberikan bantuan dengan memberikan stiker didalamnya. Panwascam Tirtamulya mengaku sedang mengumpulkan dan menindaklanjuti kebenaran kabar tersebut. Kendati demikian, berbagai alat bukti berhasil diamankan utamanya soal stiker yang dibagikan saat memberikan bantuan. (fah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar