Senin, 03 Maret 2014

Banyak Warga Menderita Ispa

JATISARI,RAKA- Menurut catatan yang ada di Puskesmas Jatisari, ada 830 penderita Insfeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), sementara pasien yang lainnya mengeluhkan 10 besar penyakit yang sering di derita masyarakat, seperti batuk pilek, ganguan mag atau lambung, rematik, sakit nelan, penyakit kulit dan penyakit lainnya. Keadaan seperti ini memang sangat mudah dialami oleh warga.
Seperti dikatakan Hj. Een Nur'aeni SKm, Kepala Puskesmas Kecamatan Jatisari. "Di bulan ini memang banyak warga yang mengalami Ispa, namun demikian kami pihak puskesmas selalu memberikan pelayanan pemeriksaan melalui dokter yang tersedia dan memberi pengobatan dengan obat yang tersedia" tuturnya.
Lebih lanjut Een menghimbau kepada masyarakat, dalam keadaan situasi cuaca belakangan ini yang kurang baik. "Sebaiknya warga masyarakat harus lebih menjaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah terkena ganguan penyakit yang disebabkan oleh faktor cuaca yang lumayan panas," himbaunya.
Hal senada pun diungkapkan oleh Dr Diah Era Yunitasari, salah seorang dokter yang bertugas di Puskesmas Jatisari. Dikatakannya, sementara jika pergantian musim hujan dan panas ini, banyak debu-debu yang berhamburan saat terkena hembusan angin. Disadari atau tidak, debu tersebut akan terserap oleh tubuh melalui pernafasan, lalu akan jadi berbagai penyakit di dalam tubuh. "Sebaiknya masyarakat lebih meningkatkan daya tahan tubuh, jika ini di abaikan maka akan sangat mudah terjangkit berbagai penyakit, seperti yang banyak dikeluhkan oleh banyak pasien yang datang ke puskesmas" paparnya.
Ditambahkan Dr Diah, bahwa masyarakat agar lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, apalagi anak-anak yang masih balita, pasalnya jika hal tersebut terus dilakukan akan berakibat buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, menghindari gangguan pada pernapasan sebaiknya para pecandu rokok agar mengurangi intensitas merokoknya, bahkan sebaiknya dihentikan saja  agar tidak merokok. "Karena seperti banyak himbauan yang dilakukan oleh pemerintah bahwa merokok dapat merugikan kesehatan. Jaga daya tahan tubuh dan hindari merokok,"  tegasnya. (fah)

Penyakit yang Banyak Diderita Warga
- Ispa
- Batuk
- Flu
- Mag
- Rematik
- Sakit Tenggorokan
- Penyakit Kulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar