Senin, 03 Maret 2014

Persoalan Pasar Cikampek I tak Kunjung Selesai

- Pedagang Terus Dirugikan
- Bupati Diminta Tegas

CIKAMPEK,RAKA- Pedagang Pasar Cikampek 1, menantang Bupati Karawang untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah sekian lama belum juga terselesaikan. Terlebih permasalahan perijinan Pasar Cikampek 1 yang masih ilegal serta para pedagang menilai orang nomor satu di Karawang tersebut tidak mempunyai mata dan telinga. Pasalnya, Bupati Karawang dianggap tak tegas dalam berbagai permasalahan yang ada di Karawang, khususnya yang berkaitan dengan Pasar Cikampek I.
Billy (27), salah satu pedagang di Pasar Cikampek I mengatakan, permasalahan yang ada di Pasar Cikampek I sudah lama, tetapi pemerintah daerah maupun bupati yang menjadi kepala derahnya seakan tidak punya mata dan telinga, artinya tidak mendengar jeritan pedagang di Pasar Cikampek I. "Ini urusan sudah nyampe bertahun-tahun, banyak yang terkena dampaknya. Kami disini pun jadi korbannya, sarana prasananya kami tidak bisa rasakan. Kalau misalkan bupati peka, seharusnya permasalahan ini tidak berlarut-larut," katanya.
Salah satu tuntutan mereka kepada bupati ialah agar secepatnya menyelesaikan persoalan yang selama ini menggantung nasib para pedagang. Menurut mereka, butuh ketegasan dari seorang pemimpin agar persoalan itu cepat diselesaikan. "Coba kalau bupati tegas, saya yakin ia bisa mengkoordinir bawahannya untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di Pasar Cikampek I, yang hingga kini masih belum jelas status perijinanya. Terlebih kami selaku pedagang ingin mempunyai Surat Hak Guna Bangunan (SHGB)," tambah Billy.
Lanjutnya, ia juga menilai DPRD maupun intansi terkait jangan hanya bicara saja tanpa adanya keputusan dan solusi yang baik untuk para pedagang. "Jangan selalu meributkan masalah retribusi pasar, retrebusi pasar itu adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh pengelola maupun yang mempunyai kewajiban untuk membayar. Kalau tidak mampu bayar, ya sudah ambil alih saja pengelolaannya sama pemda. DPRD maupun intansi terkait juga jangan hanya bicara saja, langsung ambil keputusan tegas, saya rasa Pemerintah Daerah Karawang sudah cukup bijak,� tuturnya lagi.
Disisi lain, Cahya yang juga pedagang Pasar Cikampek I mengharapkan, agar pemerintah daerah membantu dan meringankan beban para pedagang. Bupati diminta datang langsung ke pasar untuk melihat-lihat kondisi sesungguhnya pasar terbesar di Cikampek itu. "Adapun permintaan para pedagang, bupati langsung aja datang ke lantai satu pasar I Cikampek, tolong dilihat kondisi kami disini, dan bila perlu tanyakan ke para pedagang bagaimana kesusahan mereka selama ini. Kalau misalkan tidak datang, berarti bupati tidak pro pedagang, dan hanya mementingkan kepentingan para pengusaha saja," kata dia menilai. (fah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar