Sabtu, 08 Maret 2014

Pemilu Caleg Minim Sosialisasi

TEGALWARU, RAKA - Petugas penyelenggara pemungutan suara harus pandai memberikan informasi mengenai pemilihan legislatif (pileg). Jika masih ada yang harus disampaikan diharapkan bisa dilakukan lebih cepat. Terlebih penyelenggaraan pemilu sudah semakin dekat.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Mekarbuana, Jaji Maryono SP, kemarin. "Pelaksanaan pemilu diselenggarakan pada 9 April mendatang. Jika dihitung hari hanya tinggal sekitar 30 hari. Jadi, bila saja masih ada yang harus disampaikan hendaknya lebih cepat," ucapnya, kemarin. 
Dijelaskan, keberhasilan kinerja petugas PPS dan TPS (Tempat Pengutan Suara) ditentukan jumlah partisipasi pemilu. Namun dengan adanya perubahan cara nyomblos dan tidak adanya foto caleg dalam kertas suara dikhawatirkan akan jadi kendala pastisipasi tersebut. Persoalan inipun menjadi permasalahan terpisah yang mestinya secepatnya mendapat perhatian.
Seperti diungkapkan anggota Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Tegalwaru, Jejen Alami SPdI, dia menyampaikan perubahan materi dalam kertas suara nanti. "Dalam kertas suara yang ada hanya nama partai asal calon dan nama calon, baik caleg maupun DPD. Sementara sampai saat ini belum ada instruksi melakukan sosialisasi secara resmi proses pemungutan suara. Inipun harus menjadi perhatian," ucapnya.
Jejen melanjutkan, kalaupun ada yang mensosialisasikan perubahan materi kertas suara itupun baru sebatas pribadi, dan belum bersifat permanen. Kendati demikian, Jejen menerangkan, yang menjadi tugas pokok dari petugas penyelenggara pemilu adalah mengajak dan menghimbau masyarakat untuk hadir dan menggunakan hak suaranya baik untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
Hal-hal seperti itulah menjadi himbauan Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Tegalwaru terkait penyelenggaraan pemilu pileg dan DPD. Selain mengingatkan agar jangan sampai ada petugas penyelenggara pemilu baik di lingkungan PPK, PPS dan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) tingkat desa yang menjadi bagian tim sukses partai atau Caleg. "Semua pihak mempunyai hak untuk berperan menyukseskan Pemilu. Namun tetap salah satu kunci sukses pemilu itu adalah kinerja dan tanggungjawab para petugas di tingkat PPS," ucap Ketua PPK Tegalwaru, Atang Komarudin, saat pertemuan dengan para petugas penyelenggara pemilu
ditingkat kecamatan Tegalwaru.
Terlebih dalam kegiatan pesta demokrasi tersebut, lanjut dia, untuk saat ini di tingkat TPS ada kegiatan pelaksanaan sidang pleno. Padahal sebelumnya belum pernah dilakukan seperti demikian. Karena sebelumnya hingga sampai pada Pemilihan Gubernur sidang pleno hanya dilaksanakan pada tingkatan PPK dan seterusnya hingga KPU. Dalam pertemuan tersebut bukan hanya menyampaikan himbauan, maupun program kerja yang harus dilakukan oleh PPS, tetapi juga menyampaikan informasi masing-masing PPS harus mengikuti bintek di Bandung. (ark)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar