Rabu, 05 Maret 2014

Selama 95 Tahun, Baru Sekarang Damkar Ulang Tahun

Regu Pemadam Kebakaran Kini Hadir di Pelosok

Tahun ini, pemadam kebakaran merayakan ulang tahunnya yang ke-95. Di karawang sendiri, pemadam kebakaran (damkar) hadir sejak tahun 1982. Namun baru di 2014 ini hari jadinya dirayakan. Sebagai kado, gedung pemadam diresmikan, sekaligus membuka unit Rengasdengklok dan Telagasari.
"Dengan kerja keras, kita semua kegiatan ulang tahun ke-95 dipadukan dengan peresmian gedung baru damkar di Karawang ini," ujar Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang Dedi Ahdiat, kepada RAKA ketika peresmian gedung markas damkar, Selasa (4/3).
Dedi berharap, gedung damkar dapat menambah gairah para petugas untuk terus mengambdi dan melayani masyarakat. "Hari ini sudah bisa digunakan, kantor yang representatif," bebernya.
Ironisnya, meski damkar sudah ada sejak 1982, namun baru kali ini ulangtahunnya dirayakan. "Baru kali ini dirayakan ultah damkar. Padahal (sudah ada) sejak 1982 untuk menolong masyarakat yang terkena kebakaran," tambah Dedi.
Menurutnya, kado ulang tahun damkar ke-95 ini, UPTD Damkar Karawang mengaktifkan Unit Damkar di wilayah Rengasdengklok dan Telagasari. "Ya harapannya kan disamping ulang tahun, mulai bulan ini rencana pengisian wilayah Dengklok dan Telagasari meski perlu penambahan personel. Dan itu merupakan kado ulang tahun," bebernya.
Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang Oman Nurohman membeberkan, hari jadi damkar jatuh pada 1 Maret 1919, namun untuk damkar Karawang baru ada sejak 1982. Menurutnya, saat ini anggota damkar berjumlah 88 personel dengan rincian 49 anggota berada di Karawang, 19 anggota di Rengasdengklok dan 19 anggota lainnya di Telagasari. Diakuinya, regu damkar Karawang sudah memiliki 10 unit kendaraan, yang terdiri dari 8 pemadam, 1 unit mobil rescue dan 1 unit mobil komando. Selama ini Oman menilai, kinerja damkar sudah terbilang baik.
Oman juga berharap damkar semakin solid, sehingga dapat membantu masyarakat dengan baik. "Diharapkan, selaian mengantispasi kebakaran kita juga menangni bencana seperti banjir. Kita harapkan semakin solid," tandasnya.
Untuk memeringatan hari damkar, digelar simulasi kebakaran yang digelar di Plaza Pemkab Karawang. Seluruh armada pemadaman dikerahkan. Dalam simulasi ini, terjadi kebaran hebat, namun dengan sigap damkar memadamkan api, meski timbul korban luka dan bahkan korban jiwa. (vid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar