Kamis, 13 Maret 2014

Seleksi Ketua UPK Hanya Formalitas?

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Tiga calon ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Gemalembayung Kecamatan Lemahabang mengikuti tes wawancara. Seleksi lewat tes wawancara sendiri merupakan rentetan dari beberapa tes lainnya, seperti tes administrasi tertulis dan tes komputer.
Ketiga calon yang diseleksi atas nama H Muhyidin, Surya Sakti dan H Nana, masing-masing mengaku optimis bisa lolos untuk dipilih di forum Musyawarah Antar Desa (MAD) tanggal 18 Maret mendatang.
Ketua pelaksana pemilihan atau Tim 5, H Ahmad Satibi mengatakan, tes wawancara merupakan rangkaian yang harus ditempuh bertahap oleh para calon Ketua UPK Lemahabang ini. Selain tes wawancara, sebelumnya ketiga bakal calon ketua UPK juga dites komputer dan tes tertulis.
Semuanya tambah ketua Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) ini, sudah didasari atas peraturan organisasi (PTO) PNPM. Tinggal, ke depan sisi penilaian wawancara yang diseleksi langsung oleh Fasilitator Kabupaten (Faskab) ini, bakal diumumkan seluruhnya dengan materi tes lainnya sampai muncul nama yang layak dipilih dalam forum MAD 18 Maret mendatang. "Tes wawancara ini langsung digawangi fasilitator kabupaten dan dinilai langsung," kata Satibi.
Lebih jauh Satibi menambahkan, sisi penilaian sendiri persentasenya antara lain, 30% untuk tes tertulis, 30% tes komputer dan 40% tes wawancara. Khusus komputer tambahnya, selain sudah menjadi amanah dalam PTO, juga diharapkan ketua baru kedepan bisa mengoperasikan program teknologi yang bukan hanya harus dikuasai sekretaris dan bendaharanya.
Karena itu, ia pastikan, hasil penilaian dari semua tes akan memunculkan siapa saja yang lolos. Ini akan nampak saat MAD mendatang. Jika hanya satu orang yang layak, berarti akan dipilih secara aklamasi. Sementara jika lebih dari satu orang, berarti dalam forum MAD akan diagendakan pemilihan sekaligus penyampaian debat visi misi dari balon yang bersangkutan. "Mungkin hasil tes bisa keluar H-2 jelang MAD atau kapannya kita belum jadwalkan, namun pasti saat MAD nama-nama tersebut akan muncul," ujar warga Karyamukti ini.
Di lain kesempatan, ketiga balon ketua UPK saat ditanyai RAKA di sela-sela mengikuti seleksi tes wawancara mengaku optimis bisa lolos dan melenggang ke Forum MAD untuk bersaing dengan kandidat lainnya. (rud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar