Rabu, 11 Juni 2014

Jaring Bakat Siswa Lewat Ekskul

KARAWANG, SK - Untuk menjaring siswa-siswi yang berbakat dalam bidang seni, olahraga, kepemimpinan dan keagamaan, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Karawang terus melakukan pembinaan melalui kegiatan ekstra kurikuler (ekskul).
Kepala SMAN 4 Karawang Dra Yayah Mardiah mengatakan, banyak kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk menggali bakat para siswa dan sekaligus mencari bibit-bibit unggul di bidang seni, olahraga, kepemimpinan dan keagamaan. Sehingga dengan pembinaan itu nantinya siswa dapat lebih diarahkan untuk menekuni minat dan bakat yang dimiliki masing-masing siswa. "Banyak program yang kami jalankan untuk mencari bibit-bibit dibidang seni, budaya, olahraga, dan yang lainnya. Sekaligus menyalurkan minat dan bakat para siswa," kata Yayah kepada SK, Selasa (10/6) siang.
Yayah menambahkan, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak sekolah juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat gotong royong dalam diri para siswa, serta melatih mental para siswa untuk berani menunjukan kemampuan dan kreatifitasnya.
Ia berharap, dengan beragam kegiatan dan Ekskul yang tersedia di SMAN 4 Karawang akan mampu meminimalisir hal-hal negatif dikalangan para siswa. Dan dapat mengarahkan para siswa untuk lebih bisa berkreatifitas serta meraih prestasi yang membanggakan, sehingga akan terbentuk kepribadian yang baik dalam diri setiap siswa.
"Beragam kegiatan dan Ekskul yang disediakan di sekolah ini bertujuan untuk meminimalisir hal-hal negatif diantara para siswa. Dan terbukti kami dapat mengukir prestasi dengan meraih beberapa piala dalam ajang FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat Kabupaten beberapa waktu lalu," katanya.
Ditemui terpisah, Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 4 Karawang Dea Rizky Maulana mengatakan, disekolahnya ada 17 Ekskul yang tersedia untuk membantu para siswa menyalurkan minat dan bakatnya. Yaitu Ekskul Pramuka, PMR, Paduan Suara, Dance, Badminton, Teater dan Kabaret. "Ada juga Sispala (Siswa Pencinta ALam) untuk siswa yang suka naik gunung. Rohis dan Marawis untuk menyukai budaya yang Islami. Kalau yang mengarah ke pelajaran ada Ekskul Sains Club dan English Club," tuturnya.
Dea menjelaskan, dari mulai hari Senin sampai Sabtu setiap pulang sekolah selalu ada Ekskul yang menggelar latihan. Sehingga para siswa bisa memilih untuk mengikuti Ekskul yang sesuai dengan keinginan dan hobinya. Menurutnya, yang terpenting adalah bagaimana para siswa bisa memanfaatkan waktu dengan baik saat berada di sekolah, salah satunya dengan aktif di kegiatan-kegiatan ekskul. (ega)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar