Selasa, 28 Januari 2014

Camat Tirtamulya Pilah Distribusi Bantuan

TIRTAMULYA,RAKA- Bantuan bagi korban banjir yang melanda Tirtamulya terus berdatangan dari berbagai kalangan masyarakat. Ketersediaan bahan pangan maupun obat-obatan dan kebutuhan sekunder lainnya, membuat camat menentukan skala prioritas dalam menentukan desa-desa mana saja yang bakal menerima bantuan.
Camat Tirtamulya, Wiwiek Krisnawati kepada RAKA mengaku, bahwa bantuan yang ia terima selama ini sudah sedemikian banyak. "Alhamdulillah berkat kepedulian banyak pihak, bantuan memang terus menerus mengalir. Hanya saja saya memang menerapkan asas prioritas untuk memberikan bantuan yang jumlahnya mungkin tidak sebanyak dengan kebutuhan warga," kata dia.
Ia juga menjelaskan, tengah melakukan pengumpulan bantuan di posko penanganan bencana yang di pusatkan di kantor kecamatan. "Semua kita pusatkan disini. Walaupun banyak bantuan yang datang, semua tetap kita simpan sampai nanti kita distribusikan kepada masyarakat," lanjut Wiwiek.
Asas prioritas tetap ia jadikan landasan dalam menyalurkan bantuan. Kendati ada 5 desa yang menjadi daerah terdampak langsung, namun kondisi kerugian dan dampaknya masing-masing berbeda. "Tentu ada desa dengan tingkat dampak ringan, sedang dan parah. Itu lah yang kita jadikan acuan untuk menyalurkan bantuan. Tidak setiap hari bantuan datang, makanya kita simpan," tukas Wiwiek.
Namun secara keseluruhan, banjir yang menerjang sudah surut. "Makin hari air makin surut. Tapi itu tidak bisa dijadikan jaminan karena kondisi cuaca juga masih seperti ini. Potensi hujan berpotensi terjadi dalam waktu dekat ini," tutup camat.
Sementara itu, bantuan bagi korban banjir Tirtamulya yang selama ini dikumpulkan di Kantor Kepolisian Sektor Cikampek akhirnya dibagikan. Puluhan petugas kepolisian dikerahkan untuk membantu proses pendistribusian di 5 desa terdampak. Selain itu, Asossiasi HRD Club Kawasan Indotaisae pun turut menyumbangkan 100 boks bantuan. Dua kendaraan berupa truk besar dan mini bus didatangkan untuk mengangkut bantuan langsung ke lokasi bencana.
"Total ada 20 perusahaan dikawasan Indotaisei yang ikut iuran mengumpulkan bantuan. Jadi, ini adalah hasil urunan dari Forum HRD Club Kawasan Industri Indotaisae yang bekerjasama dengan Polsek Cikampek," papar Bondan, perwakilan dari pengelola kawasan Industri Indotaisei kepada RAKA.
Ia menerjunkan 10 orang yang masing-masing mewakili perusahaan. Bondan berharap agar bantuan ini bisa bermanfaat bagi warga yang membutuhkan. "Mudahan-mudahan dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah," harapnya.
Kepala Kepolisian Sektor Cikampek, Kompol Ahmad Syofwan mengungkapkan, bahwa selain dengan Indotaisei, Polsek juga mengumpulkan bantuan dari berbagai pihak. "Kebetulan sebelumnya bantuan ini juga kami terima dari Kakanwil BPN Provinsi Jawa Barat, jadi sekarang ini lah pendistribusiannya," kata Kapolsek.
Puluhan anggota Polsek ia kerahkan untuk membagikan bantuan. Sehingga pendistribusiannya bisa maksimal dan efektif. "Kita kerahkan semua sumber daya personil yang kami miliki sembari tentu tanpa melupakan tugas-tugas pokok kami menjaga Kambtibmas," tutupnya. (fah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar