Senin, 20 Januari 2014

Pelajar Harus Peduli Banjir

-Gelar Baksos atau Hibur Korban Bencana

Bencana alam mulai kembali menghampiri Kabupaten Karawang. Selain puting beliung, banjir kini sudah menjadi pemandangan sehari-hari, terutama bagi warga yang tinggal dekat dengan Sungai Citarum dan Sungai Cibeet. Nah, pelajar yang katanya sebagai agen perubahan harusnya peduli sama masyarakat yang kini sedang dilanda musibah. Bahkan bisa jadi ada teman-teman kita juga yang lagi kesusahan karena terkena banjir.

Konon, kewajiban pelajar juga sebetulnya bukan melulu belajar di sekolah, tapi harus juga bermanfaat bagi masyarakat. Nah, saat ini mungkin harusnya pelajar bisa turun membantu atau minimal menghibur masyarakat yang kini sedang dirundung musibah. "Kita dari anak-anak Ikatan Pelajar Muhammadiyah sudah mengumpulkan dana bakti sosial buat saudara-saudara kita yang kena musibah," tutur Artiah, Ketua IPM SMK Muhammadiyah Cikampek, kemarin.
Disebutkannya, kegiatan ini selain meringankan korban banjir, juga bisa menjadi pelajaran bagi sesama pelajar agar lebih peduli dan mulai memikirkan bagaimana menanggulangi persoalan ini. "Minimal kita mulai tidak membuang sampah sembarangan. Dari hal-hal kecil ini, mudah-mudahan bencana ini tidak terus terulang," ujarnya.
Dari hal-hal kecil diyakini bisa membuat pelajar lebih disiplin lagi. Dan dengan displin sudah dipastikan prestasi bakal digenggam. Yup, tiada kesuksesan tanpa kedisiplinan. Ungkapan itu benar adanya. Karena semua hal yang tidak tertata akan melahirkan sesuatu yang sia-sia. Tips yang satu ini, menekankan kepada bagaimana kita dapat mengelola potensi kita. Orang yang disiplin akan melahirkan pancaran kharisma yang mantap. Coba, lihat aja bapak-bapak TNI. Badannya tegap, sikapnya tegas, dan disiplin dalam melaksanakan sesuatu. Kita tentunya melihat mereka dengan tatapan yang segan bukan. Itulah kelebihan lain dari seorang pelajar yang disiplin. Selain akan memudahkan dirinya melaksanakan sesuatu karena teratur, ia juga akan disegani orang karena kedisiplinannya. Selain itu, sekolah juga bisa jadi sumber inspirasi lho, salah satunya lewat ekskul. "Kita dari ekskul pecinta alam siap memberikan bantuan dengan sekuat tenaga," kata Fahri, aktivis siswa pecinta alam.
Dikatakan Fahri, mengikuti ekskul pecinta alam banyak manfaatnya. Selain bisa memberikan tenaga untuk membantu masyarakat, ekskul ini juga sangat mengasyikan. "Manfaat, fungsi dan tujuan diadakannya kegiatan ekskul baik di sekolah maupun di kampus adalah sebagai wadah penyaluran hobi, minat dan bakat para siswa/mahasiswa secara positif yang dapat mengasah kemampuan, daya kreativitas, jiwa sportivitas, meningkatkan rasa percaya diri, dan lain sebagainya," ujarnya. (rk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar