Senin, 20 Januari 2014

Sekolah Korban Banjir Diliburkan

*Bupati Baru Sadar Drainase Karawang Buruk

KARAWANG, RAKA - Hujan yang terus menerus turun selama dua hari terakhir ini membuat sebagian  perkotaan karawang tergenang air karena luapan saluran air. Bahkan sekolah pun ikut terendam akibat saluran air mampet.

Melihat fenomena ini Bupati Karawang Ade Swara menegaskan, pada 2014 ini Pemda akan fokus pada perbaikan drainase perkotaan. "Di tahun ini kita akan fokus drainase," ujar Bupati kepada RAKA saat berbincang-bincang di Posko Bencana yang berada di kantor Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Karawang, Minggu (19/1).
Diakui Bupati, drainase di perkotaan karawang memang kondisinya buruk maka tidak heran jika hujan turun genangan air sudah terlihat. "Drainase buruk, oleh karena itu akan difokuskan kepada  normalisasi," janjinya. Genangan air akibat lubernya saluran air ini bukan hanya melanda ruas jalan, gedung pemerintahan dan permukiman warga tapi juga menggenangi gedung sekolah, seperti yang terjadi di SMP 1 Karawang dan SMAN 4 Karawang.
Menanggapi kondisi tersebut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, Agus Supriatman menyatakan, akan memberikan toleransi kepada sekolah yang tergenang air untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar. "Kita berikan toleransi, ini kan karena alam," ujarnya.
Selain sekolah, murid yang rumahnya terendam banjir juga akan diberikan toleransi, jika tidak dapat bersekolah. Dalam kondisi banjir yang melanda karawang ini pihaknya akan membuat pemetaan, dan merekap sekolah yang terendam banjir. Namun beberapa daerah yang pasti terendam parah yakni di perkotaan karawang, Karangligar, Pakis dan Batu Jaya. "Yang berat sekali itu Karangligar, Pakis, Karawang Kota dan Batujaya," bebernya.
Toleransi yang diberikan bagi sekolah yang terendam banjir akan diberikan tugas untuk dikerjakan di rumah. "Itu kan dialihkn belajarnya, diberikan tugas di rumah untuk sementara ini," kata dia. Meski begitu, Agus meminta kepada sekolah yang rawan banjir agar melakukan evakuasi data-data ataupun berkas penting.
Sementara itu akibat hujan yang terus turun dalam beberapa hari ini membuat genangan air di beberapa ruas jalan, seperti di Jalan Husni Hamid, Jalan Ra. Kartini, Perumahan Karang Indah, Perumahan Karangpawitan dan juga menggenangi gedung sekolah di SMAN 4 Karawang dan SMPN 1 Karawang. Akibatnya genangan air hingga 30 cm ini membuat pengendara sepeda motor banyak yang mengalami mogok karena mesinnya terendam air. (vid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar