Rabu, 19 Februari 2014

Benahi Jalan Lingkungan

LEMAHABANG WADAS, RAKA- Jalan lingkungan yang merupakan jantung bagi akses masyarakat harus diprioritaskan dalam sejumlah bantuan bagi masyarakat desa, terlepas sumbernya dari Alokasi Dana Desa (ADD), aspirasi maupun bantuan hibah. Pasalnya, setiap musyawarah rencana pembangunan (Murenbang) dilakukan, ajuan sering tak direalisasi. Karenanya, menurut Sekdes Karyamukti A Hanafi, muserenbang diharapkan direspon pemkab dengan mengutamakan kepentingan jalan-jalan lingkungan.
"Jaling itu penting , sering kita ajukan dan masuk pula dalam ajuan musrenbang tapi meleset," katanya kepada, RAKA Selasa (18/2).
Lebih jauh ia mencontohkan, jaling sepanjang 850 meter dengan lebar 3 meter di Dusun Margasalam, Desa Karyamukti sampai saat ini urung juga mulus, disisi lain ajuan sudah masuk di tahun-tahun sebelumnya dan tahun ini juga masuk dalam musrenbang. Ia berharap, jaling bisa diprioritaskan pemkab maupun legislator, terlepas dimana pun sumbernya baik dari ADD, aspirasi maupun bantuan lainnya. Lantaran  jalan lingkungan merupakan jantung bagi akses masyarakat dalam menjalankan aktivitas roda ekonomi, terlebih saat musim penghujan terus tergerus kubangan dan becek. "Kita harapkan, infrastruktur dalam ajuan musrembang masuk prioritas kepelosok dusun-dusun seperti jaling, karena hal itu merupakan akses yang sering dikeluhkan masyarakat," ujarnya. (rud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar