English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Kamis, 05 Juni 2014

Sampah di Jalan Telukjambe Menebar Bau Busuk

TELUKJAMBE TIMUR, SK - Warga Kecamatan Telukjambe Timur mengeluhkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar yang berada di pinggir jalan Telukjambe menuju Markas TNI AD Yonif 305. Selain berseSKn hingga ke badan jalan yang paling tak sedap adalah bau busuk menyengat dari tempat sampah tersebut.

"Saya meminta pemerintah untuk secepatnya membersihkan sampah yang ada di pinggir Jalan Raya Telukjambe dan memberikan sosialisasi akan pentingnya kesehatan lingkungan. Supaya masyaSKt sadar akan pentingnya kesehatan bagi dirinya dan terciptanya masyaSKt yang sehat dan bugar jasmani amupun rohaninya," ujar Ade Ahmad (19) warga setempat. Dia menilai, pembuangan sampah sembarangan disebabkan kurangnya sosialisasi pemerintah desa terhadap kesehatan lingkungan dan kurangnya kesadaran akan kebersihan.
Ade menambahkan, kurangnya kesadaran masyaSKt akan bersihnya lingkungan dan kesehatan sehingga membuang sampah sembarangan, disebabkan kurangnya tempat sampah dan pembuangan terakhir yang ada lingkungan masyaSKt. MasyaSKt hanya membuang sampah pada lingkungan di dekat rumah sekitar sehingga sampahnya banyak berseSKn di pinggir jalan. oleh karena itu pemerintah harus bisa memfasilitasi masyaSKt untuk pembuangan sampah kering dan basah bisa dijadikan produk daur ulang lewat sampah.
Pemerintah juga melalui desa perlu membentuk program untuk kebersihan lingkungan dengan cara meningkatkan kesadaran masyaSKt dan membangun tempat pembuangan sampah di desa masing-masing. "Saya berharap semua dapat menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah ke tempat yang ditentukan sehingga tidak ada lagi sampah yang berseSKn di pinggir jalan. Oleh itu, secara bersama lakukan yang terbaik untuk melaksanakan semua program kesehatan lingkungan yang dilakukan UPTD Puskesmas Telukjambe Timur," katanya.

Senada itu, warga lainnya, Tyo Eka Pratama, mengatakan, masyaSKt yang kurang sadar harus diberikan pemahaman tentang kesehatan lingkungan minimal menjaga kesehatan dirinya agar jauh dari penyakit. Dengan lingkungan yang bersih akan terciptanya masyaSKt yang sehat dan mempunyai rasa ingin mensejahteSKn keluarga. MasyaSKt sejahtera akan meningkatkan kualitas hidup dan tercapainya pemerintah dalam menekan angka kemiskinan. "Saya berharap masyaSKt sekitar dapat membuang sampah pada tempatnya dan jauh dari penyakit. Hal itu bisa dilakukan secara bersama-sama dalam menjaga lingkungan hidup agar tercipatnya masyaSKt yang sehat," katanya. (cr3)


Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar