English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Kamis, 27 Februari 2014

Kawasan Industri Dinilai Jadi Salah Satu Penyebab Banjir Cikampek

CIKAMPEK,RAKA- Banjir yang terus menerus melanda wilayah Perum BMI dan beberapa dusun di Desa Dawuan Tengah, ditengarai akibat banyak perusahaan di Kawasan Indotaisae, Bestland dan Astra Honda Motor yang kurang memperhatikan keberadaan penampungan air. Akibatnya, air pembuangan dari perusahaan itu langsung dialirkan ke sungai-sungai yang kemudian berdampak kepada banjir di daerah hilir. Padahal, kebaradaan kolam penampungan itu sangatlah penting. PT Pupuk Kujang Cikampek misalnya, bahkan sampai memiliki 8 kolam penampungan untuk mengatur lalu-lintas air.
Yusuf Nurwenda, Koordinator Tim Peduli Lingkungan Ciparage Green, mengecam ketidakpedulian kawasan industri di Indotaisae, Bestland dan Astra Honda Motor tatkala tak memiliki kolam penampungan air. "Hal inilah yang kemudian, limpasan air menjadi semakin besar menggenang rumah-rumah warga yang posisinya lebih rendah, seperti di Perum BMI dan Desa Dawuan Tengah. Kami mendesak agar mereka memperhatikan lingkungan, agar tidak menimbulkan petaka tatkala musim hujan seperti ini," tukasnya.
Tak hanya soal keberadaan kolam penampungan, pria yang akrab disapa Uus itu pun mengungkit rusaknya daerah serap air dihulu akibat praktek penebangan pohon sembarangan. "Lingkungan di hulu harus dijaga. Karena berfungsi sebagai penahan utama saat hujan deras. Kalau daerah resapan airnya rusak, otomatis air tidak terserap tanah dan langsung turun ke sungai," sambungnya.
Sementara itu, menurut Abiradityo, Humas PT Pupuk Kujang Cikampek mengungkapkan, bahwa kendati perusahaannya memperhatikan pentingnya kolam penampungan, tetap saja dalam kondisi tertentu, 8 kolam penampungan yang dimiliki selalu meluap dan limpas. "Kami punya 8 kolam dengan diameter 20 meter dan kedalam 4 meter. Dalam keadaan intensitas air sungai tinggi, 8 kolam itu bisa meluap. Bahkan ditahun 2013 sudah 2 kali meluap dan ditahun 2014 ini sudah 1 kali meluap. Keberadaan kolam-kolam itu merupakan bentuk kepedulian kami untuk menjaga lingkungan dan mencegah banjir," tegas pria muda itu. (fah)


Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar