English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Rabu, 05 Februari 2014

Pemerintah Diminta Segera Perbaiki Jalan Berlubang

CIKAMPEK,RAKA- Organisasi masyarakat (ormas) Merdeka terus menyoroti kerusakan sejumlah ruas jalan di wilayah Cikampek. Menurut mereka sudah sepatutnya, pemerintah daerah, provinsi maupun pusat bersinergis memperbaiki jalan sebelum jatuhnya lebih banyak korban.
Endang, Sekretaris Jenderal Ormas Merdeka saat dikonfirmasi RAKA mengaku prihatin dengan keadaan jalan utama atau jalan nasional saat ini. Sebab, banyak terdapat lubang menganga yang demikian besar tanpa tersentuh perbaikan. "Bisa dilihat sendiri, kemacetan yang terjadi disebabkan kondisi jalan berlubang yang semakin hari makin parah. Mereka terpaksa melintas satu demi satu," kata pria itu.
Akibatnya, selain membahayakan keselamatan warga, aktivitas masyarakat pun terganggu. "Biasanya jalanan disini lancar tanpa hambatan. Gara-gara jalan jelek, kemacetan menjadi pemandangan biasa sehari-hari. Macetnya bukan cuma 1-2 kilometer aja, bahkan bisa sampai puluhan kilometer," terangnya.
Tak jarang, jalanan rusak membuat moda transportasi dengan ukuran jumbo kewalahan menghindari jalanan berlubang. "Mereka bisa sampai mengalami patah as roda belakang akibat turunan dan kontur tanah yang terlalu curam hingga semua beban benar-benar di tumpuan roda-roda kendaraan. Kalau tidak kuat, bisa pecah ban ataupun patah as rodanya, akhir-akhirnya di derek juga," seloroh Endang.
Selain faktor gangguan ketertiban dalam berlalu lintas, jalanan rusak membuat warga lainnya kudu ekstra hati-hati. Surahman, warga Perum Sukaseuri, Kecamatan Kotabaru, mengaku nyaris terperosok dalam lubang di Jalan Cikampek-Purwasari. "Kebetulan pas itu, airnya lagi naik atau banjir. Kita sulit membedakan mana air yang dalam dan tidak, kebetulan pas tiba saya lewat ternyata kedalamannya lumayan dan membuat oleng kendaraan, beruntung tidak jatuh karena saya berhasil mengendalikan laju kendaraan,"kisah Surahman. Ia berharap agar institusi terkait segera membenahi jalan-jalan utama dan nasional yang mengalami kerusakan sebelum jatuhnya korban jiwa. (fah)

Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar