English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Rabu, 12 Maret 2014

KPU Siap-siap Distribusikan Logistik

KARAWANG, RAKA -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang tadi malam (11/3) melakukan uji coba perangkat teleconference sebagai media komunikasi langsung dengan KPU Jawa Barat, terkait pelaporan berbagai perkembangan tahapan-tahapan Pemilu 2014. KPU juga menghadirkan semua anggota PPK se-Kabupaten Karawang. "Dengan teman-teman PPK kami mempersiapkan pengelolaan dan pengalokasian logistik pemilu. Besok (hari ini), kami berada di gudang logistik di Klari untuk kegiatan ini. Sebab di dalamnya, kami juga mesti melakukan pelipatan surat suara yang sudah datang," ujar Ketua KPU Karawang, Riesza Affiat.
Di sisi lain terkait pengamanan, sesuai amanat Menteri Dalam Negeri Gamawan Fawzi melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Ade Swara di HUT Satpol PP ke-64, Selasa (11/3), agar aparat penegak perda ini turut fokus mengamankan Pemilu 2014. Dinyatakan komandannya di Karawang, Abdillah Mawardi Nur, siap menjalankan tugas itu.
"Kami akan mengerahkan seluruh anggota di Pol PP untuk ikut serta di barisan pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014 bersama Polri dan TNI. Di OPD kami juga sekarang ada Linmas yang sebelumnya berada di bawah Kesbangpol. Keanggotaan Linmas berada di level pemerintahan paling dekat dengan masyarakat. Mereka ada di desa dan kelurahan. Kendati soal jumlah, sebenarnya belum mencukupi. Tapi justru keterbatasan ini menjadi tantangan tersendiri buat kami bagaimana mengabdi kepada bangsa dan negara," ucap Mawardi kepada kalangan jurnalis usai mengikuti kegiatan HUT Pol PP di Plaza Pemkab, kemarin pagi.
Menjelaskan lebih lanjut peran OPD-nya dalam pengamanan pesta demokrasi 5 tahunan itu, Pemendagri nomor 9 tahun 2010 tentang Penempatan Sat Linmas di pemilu harus 2 orang. Sedangkan, pasukan inti Linmas yang dimilikinya baru 10 orang di setiap desa/kelurahan. Sedangkan jumlah TPS pada Pemilu Legislatif yang akan digelar 9 April mendatang, diketahui Mawardi, sebanyak 4.180 TPS. Untuk menutupi kekurangan tersebut, Mawardi berencana memanfaatkan Sat Linmas non inti dari PNS selain masyarakat umum. Bagi anggota Satpol PP, ia lebih memfokuskan ke pengamanan di tingkat PPK maupun KPU.
�Satpol PP lebih diarahkan buat pengamanan wilayah dengan jumlah sekitar 4 sampai 9 orang per kecamatan. Sat Linmas kita tempatkan di KPPS dan PPS," tandas Mawardi. Saat itu, pesan Mendagri mempertegas bahwa hari jadi Satpol PP dan Sat Linmas tahun 2014 menjadi istimewa karena bersamaan dengan tahapan penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pilpres. Dengan demikian, Mendagri mengarahkan OPD ini di seluruh Indonesia untuk sama-sama turun tangan membantu suksesnya penyelenggaraan pesta besar rakyat negeri ini, guna melanjutkan kepemimpinan pemerintahan 5 tahun kedepan. (vins)


Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar