English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Sabtu, 08 Maret 2014

Pramuka Bikin Siswa Berkarakter

KARAWANG, RAKA - Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk pembentukan karakter dan mendidik kemandirian para anggotanya. Atas dasar tersebut, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jomin Barat 2 Kecamatan Kotabaru mewajibkan para siswanya mengikuti kegiatan ekskul Pramuka.
Pembina Pramuka SDN Jomin Barat 2, Muhammad Azmi mengungkapkan, Pramuka diwajibkan karena sejalan dengan program pendidikan karakter yang kini sedang digalakkan pada kurikulum pendidikan tahun 2013.
"Gerakan pramuka merupakan gerakan pendidikan karena di dalamnya anggota pramuka mendapat pengetahuan dan keterampilan yang meliputi pengembangan karakter, pengembangan sikap dan tingkah laku," terangnya kepada RAKA, Jumat (7/3) siang.
Azmi menambahkan, dengan mengikuti ekskul pramuka ini, siswa-siswi diajak untuk terbiasa mandiri dalam berbagai hal, mereka juga diajarkan untuk mampu berinteraksi dan bekerjasama dengan sesama anggota pramuka. Sehingga dengan sendirinya pola tersebut terbawa dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di masyarakat. "Para siswa akan diajarkan untuk lebih mandiri dan mampu bersosialisasi," ungkapnya.
Dengan diwajibkannya ekskul pramuka di SDN Jomin Barat 2 ini diharapkan dapat membantu dalam pembentukan karakter serta kemandirian para siswa, selain itu pihak sekolah juga berharap para siswanya dapat mengharumkan nama sekolah lewat eskul pramuka.
"Kami berharap para siswa dapat mengharumkan nama sekolah lewat ekskul ini, dan mereka lebih bisa mandiri," pungkasnya. (cr2)


Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar