English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Selasa, 28 Januari 2014

Berkah Sayuran Kangkung di Musim Hujan

Musim hujan dan banjir tidak selamanya menyusahkan bagi warga. Itulah yang dialami Bejo, warga Dudun Babakan Kiara Kecamatan Pedes dengan sayuran kangkung yang bisa menyambung hidupnya.

PADA musim hujan dan banjir ini, selain eceng, sungai, sawah dan rawa-rawa di Kecamatan Pedes dan kecamatan lain di utara Kabupaten Karawang memang ditumbuhi banyak sayuran kangkung. Meski tidak dibudidayakan, sayuran jenis ini tumbuh subur dimana-mana. Hal itu karena sesuai dengan sifat tanaman jenis ini yang sangat subur tumbuhnya jika musim hujan tiba.
Bejo adalah yang kebagian berkah dari kangkung-kangkung ini. Tiap hari ia berhasil memetik kiloan sayur kangkung untuk di jual dari pintu ke pintu di desa itu. Hasilnya cukup untuk menyambung hidup, selama musim hujan yang susah mencari pekerjaan.
"Alhamdulillah lumahayan buat menyambung hidup. Musim hujan seperti ini kan lagi susah mencari kasab," katanya.
Sebagai sayuran yang banyak diminati warga Karawang, bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuk-pucuknya sebagai bahan sayur-mayur. Kangkung selain rasanya enak juga memiliki kandungan gizi cukup tinggi, mengandung vitamin A, B dan vitamin C serta bahan-bahan mineral terutama zat besi yang berguna bagi pertumbuhan badan dan kesehatan. Disamping itu hewan juga menyukai kangkung bila dicampur dalam makanan ayam, itik, sapi, dan kelinci.
Bahkan seorang pakar tanaman Herminia de Guzman Ladion memasukkan kangkung dalam kelompok "Tanaman Penyembuh Ajaib", sebab berkhasiat untuk penyembuh penyakit "sembelit" juga sebagai obat yang sedang "diet". Selain itu, akar kangkung berguna untuk obat penyakit "wasir"
Kangkung darat dapat tumbuh pada daerah yang beriklim panas dan beriklim dingin. Jumlah curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini berkisar antara 500-5000 mm/tahun. Pada musim hujan tanaman kangkung pertumbuhannya sangat cepat dan subur, asalkan di sekelilingnya tidak tumbuh rumput liar. Dengan demikian, kangkung pada umumnya kuat menghadapi rumput liar, sehingga kangkung dapat tumbuh di padang rumput, adang yang agak rimbun.
Tanaman kangkung membutuhkan lahan yang terbuka atau mendapat sinar matahari yang cukup. Di tempat yang terlindung (ternaungi) tanaman kangkung akan tumbuh memanjang tetapi kurus-kurus. Kangkung juga sangat kuat jika menghadapi panas terik dan kemarau yang panjang. Apabila ditanam di tempat yang agak terlindung, maka kualitas daun bagus dan lemas sehingga disukai konsumen. (dri)



Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar