English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Rabu, 05 Maret 2014

PAUD Kurang Diminati

TELAGASARI, RAKA- Partisipasi orang tua untuk memasukan anaknya ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) belum maksimal. Meskipun gencar bakal adanya akreditasi komprehensif PAUD, namun di Kecamatan Telagasari, diakui Penilik UPTD PAUD/SD Telagasari, Hj Icih Suparsih S.Pd, baru 40 persen dari target pemerintah sebesar 75 persen.
Disinggung apakah faktor biaya yang mahal, menurut Icih , hal itu bukan menjadi alasan, karena tidak ada iuran dan biaya mahal di PAUD. Hanya memang, untuk keperluan honor tutor dan kelengkapan PAUD ada infaq, iuran dan lainnya tapi itupun tidak besar. "Target memang 75 persen, kita sudah sampaikan, namun memang masih 40 persen anak masuk PAUD itu," katanya, kepada RAKA, Selasa (4/3).
Ditegaskan pula Pengawas PAUD Telagasari, Marjudi S.Pd, Kecamatan Telagasari sudah jauh-jauh hari melaksanakan akreditasi, yaitu PAUD Cahaya Iman Talagasari, yang dinilai tim asesor langsung dari Dirjen PAUDNI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.  Diakuinya, masih banyaknya lembaga PAUD yang masih numpang di majelis taklim atau rumah pribadi, diharapkan bisa ada peningkatan sarana rombongan belajar siswa di tahun-tahun mendatang. Pasalnya, bangunan PAUD hanya mengandalkan bantuan UPK PNPM yang setiap tahun hanya memplot 1 sampai 2 rombel saja.
Diharapkannya, seiring dengan akreditasi kedepan, PAUD bisa meningkatkan peserta didiknya lebih banyak. Karena jika PAUD sudah terakreditasi, setidaknya standar pelayanan administrasi, tenaga kependidikan (TPk) sampai metode pengajaran lebih disiplin dan rapi. Bahkan tidak menutup kemungkinan, harapnya, agar tutor PAUD mendapatkan sertifikasi bisa terwujud di tahun-tahun mendatang, asalkan pemenuhan kriteria guru PAUD seperti akademiknya harus sarjana (S1) bisa berimbang bagi 36 PAUD di Kecamatan Telagasari termasuk rintisan. "Memang standar guru PAUD itu harus S1, mudah-mudahan kedepan bisa ada sertifikasi guru PAUD," harapnya. (rud)

Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar