English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Kamis, 13 Februari 2014

SDH Jaring Ratusan Peserta Donor Darah

KARAWANG, RAKA - Banyak cara untuk berbuat kebaikan salah satunya dengan donor darah. Seperti yang digelar San Diego Hills Memorial Park, kemarin. Kegiatan yang diikuti ratusan pendonor itu merupakan kali yang ke 13 digelar perusahaan tersebut.

"Ini donor pertama di awal tahun 2014," ucap ketua pelaksana Bambang Sulistyo kepada RAKA, Rabu (11/2). Kegiatan yang digelar di lingkungan San Diego Hills dan bekersama dengan PMI Karawang ini, diakui Bambang, selain karyawan San diego, jajaran Muspida, Muspika hingga Muspides turut berpartisipasi dalam kegiatan itu.
Kegiatan donor darah ini sudah ke 13 kalinya, dan rata - rata dalam setahun itu mencapai 3 kali donor, dengan setiap kegiatan mencapai seratus pendonor. "Ini tahun ke 5, karena setahun itu 3 kali, ini kita sudah 12 kali, rata-rata kan pasti 100 an lah," akunya.
Selain itu, dengan kegiatan donor darah ini merupakan sebuah ibadah bagi warga yang sangat membutuhkan. Karena donor darah ini diakui Bambang termasuk nilai ibadah yang sangat tinggi. "Ini kan salah satu CSR kepedulian kita bukan lingkungan tapi masyarakat untuk donor. Kita bantu orang tapi gak tau siapa yang kita bantu, masya allah itu nilai ibadahnya," seru Bambang.
Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Donor PMI Karawang Hasan HS mengatakan, tak semua orang dapat mendonor darahnya, karena ada beberapa kondisi kesehatan yang dilarang untuk melakukan donor darah, dan itu sangat perlu diperhatikan. "Yang tidak boleh itu tensi kurang, hemoglobin kurang, dan sedang konsumsi obat tidak boleh, ibu hamil, dan menyusui," imbuhnya.
Sementara itu, menyinggung stok darah saat ini di Karawang, Hasan mengklaim masih aman. Bahkan PMI tiap bulannya menargetkan 1600 labu darah. "Stok darah di karawang alhamdulillah tidak kekurangan, cukup untuk melayani kota karawang," ujarnya.
Selain mencari pendonor secara mobile, PMI Karawang juga banyak dikunjungi pendonor secara perorangan yang datang secara langsung ke kantornya. Bahkan jumlahnya pun relatif banyak, yang rata -rata mencapai 20 pendonor perhari. Stok darah yang dengan kapasitas 300 cc perkantong ini akan di distribusikan di rumah sakit yang ada di karawang, yang membutuhkan. "Kita distribusi ke rumah sakit," kata dia. Selain rumah sakit di karawang, ternyata PMI juga sering mendistribusikan ke kota tetangga yang membutuhkan darah. (vid)

Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar