Hal itu diungkapkan Supervisor Area Marketing Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing DDS Bandung, Fitri Agustadhi P. �Diperkirakan pasar sepeda motor di tahun ini akan meningkat 5-6 persen. Dengan kondisi itu, kami berharap bisa mendapatkan market share sebesar 35-36 persen,� katanya.
Fitri menambahkan, di tahun ini ia menargetkan mampu menjual sebanyak 315 ribu unit. Menurutnya, angka itulah yang realistis untuk dicapai di tahun 2014 ini. �Di tahun 2013 lalu penjualan kami tumbuh dari tahun sebelumnya. Di tahun lalu kami menjual 280 unit dengan market share 33 persen. Memang cukup jauh dengan kompetitor, hal ini lantaran kami tidak sampai mencakup wilayah Bogor, Bekasi, dan Depok. Berbeda dengan kompetitor yang wilayah jangkauannya mencapai ke sana,� ujar dia.
Dari penjualan di tahun lalu, skuter matic (skutic) masih menyumbangkan penjualan yang terbesar mencapai 50 persen. Selebihnya motor sport 25 persen dan bebek 25 persen. Skutic Soul GT, Mio GT, dan Mio J masih menjadi produk matic yang paling banyak dicari. Adapun sepeda motor bebek yang paling laris yakni Jupiter MX dan untuk motor sport Yamaha V-ixion.
�Di tahun ini pertumbuhan demand akan ada pada segmen skutic dan motor sport. Hal ini lantaran ada kecenderungan masyarakat yang merasa tanggung jika harus beli sepeda motor bebek, maka mereka memilih membeli sepeda motor sport. Adapun masyarakat yang merasa ribet dengan sepeda motor bebek, memilih membeli skutic,� jelasnya.
Di tahun ini Yamaha bakal merilis sejumlah produk baru. Setelah Yamaha New GT125 Eagle Eye, Yamaha juga akan merilis produk skutic lainnya. Sesuai janji Yamaha yang akan menjadikan semua produknya mengusung teknologi fuel injeksi, maka skutic yang realistis untuk dirilis selanjutnya adalah Yamaha Fino. �Untuk di segmen motor sport, kami belum memiliki produk 250cc. Oleh sebab itu, mungkin di tahun ini akan dirilis motor sport Yamaha 250cc. Untuk motor bebek sepertinya tidak ada yang baru di tahun ini,� ungkapnya. (rls)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar