English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Selasa, 04 Maret 2014

Kembangkan Ekstrakurikuler

TELAGASARI, RAKA- Keberadaan pelajaran ekstrakurikuler, sangat dibutuhkan di sekolah untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa. Pelajaran ekstrakulikuler tidak hanya soal olah raga dan pramuka saja, tapi perlu pengembangan komunitas bakat siswa agar bakat siswa lebih dikembangkan.
"Saya fikir olah raga adalah kebutuhan yang identik dengan hobi yang harus wajib, tapi soal bakat lain lagi. Maka perlu ada pengembangan ekstrakurikuler," kata Ade Hermawan, pelatih pramuka SMP Islam At Tarbiyyah Telagasari, kepada RAKA.
Menurutnya, pramuka dan paskibra adalah ekskul yang melatih kedisiplinan siswa sehingga mampu memiliki kecakapan hidup yang mandiri. Oleh karena itu, wahana berekspresi lewat seni, karya ilmiah, karya lukis sampai dengan jurnalistik perlu dikembangkan dilingkungan sekolah.
Ia meyakini, siswa yang mengikuti ekskul, tidak akan mengalami kejenuhan dan malas sekolah, sehingga kenakalan siswa seperti tawuran bisa diminimalisir. "Saya fikir bisa diminimalisir kalau sekolah dan pemerintah mau memperluas ekstrakulikuler. Karena soal bakat dan kompetensi siswa itu berbeda-beda dan tak perlu disamakan," ujarnya.
Lebih jauh Ade berharap, jika pengembangan ekskul diprioritaskan, harus ada penataran khusus peningkatan sumber daya manusia (SDM) para pelatih atau tutor, agar displin ilmu untuk siswa bisa terserap dengan baik. "Jangan lupa juga, pelatih atau tutornya ini harus dibina, agar ilmu yang tersalurkan rapi dan disiplin," pungkasnya. (rud)

Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar