English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Kamis, 20 Maret 2014

Nilai US Tentukan Kelulusan Siswa

KARAWANG, RAKA - Hari ketiga pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tingkat SMA, SMK, sederajat di Karawang berjalan lancar. Siswa sudah bersiap-siap masuk kelas sejak tiga puluh menit sebelum pelaksanaan US yang dimulai pukul 07.30 Wib. Seperti hasil pantauan RAKA di SMKN Pertanian dan SMKN 1 Karawang, Rabu (19/3).
Menurut Kepala SMKN Pertanian Karawang Sartoyo, di sekolahnya US seharusnya diikuti 61 siswa, namun yang ikut hanya 60 siswa karena meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas. Sedangkan peserta US di SMKN 1 Karawang sebanyak 781 siswa. "Bagi yang tidak hadir pada pelaksanaan US hari ini akan mengikuti US susulan yang akan berlangsung pada Senin 24 Maret 2014 mendatang," ujar Sartoyo.
Menurut Sartoyo, nilai US ikut menentukan kelulusan siswa. Sebab nilai akhir kelulusan dihitung dari komposisi 60 persen nilai UN dan 40 persen nilai US. Sedangkan komposisi nilai US terdiri atas 70 persen nilai rapot dan 30 persen nilai US. "Jadi prosesnya diikutsertakan dan turut menentukan kelulusan,� katanya.
Menurutnya, proses anak belajar sejak semester satu sampai semester lima diikutsertakan dan dirata-rata, kemudian digabungkan dengan nilai UN. Cara ini sangat membantu siswa dan proses belajar siswa selama tiga tahun.
Sartoyo menambahkan, nilai UN penting untuk pemetaan sekolah. Dari hasil UN dapat diketahui pelajaran apa saja yang nilainya jelek di suatu sekolah, sehingga sekolah tersebut nantinya dapat mengevaluasi dan memperbaiki nilai yang kurang bagus tersebut. "Intinya, proses belajar dihargai tetapi pemetaan sekolah atas nilai yang diperolehnya dari UN juga dapat diketahui," imbuhnya. (cr2)

Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar