English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Sabtu, 18 Januari 2014

Olahraga Tunda Penuaan

PANGKALAN, RAKA - Guru olahraga SMPN 2 Pangkalan, Hasan SPd, mengatakan, kesehatan tidak akan didapat jika jarang berolahraga. Sebab, olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, Olah raga merupakan gaya hidup sehat yang harus dibiasakan sejak kecil agar tubuh sehat dan tidak gampang terkena penyakit.

"Olahraga manfaat bagi siapapun. Sebab mulai dari anak hingga orang tua dianjurkan tetap melakukan olahraga. Dan olahraga ini seyogyanya dilakukan dengan rutin, kecuali jika olahraga tersebut bukan untuk karir yang dilakukan dengan cara bertahap," tutur Hasan, beberapa waktu lalu.
Semakin tua daya tubuh secara otomatis semakin menurun, hingga untuk mempertahankan kesehatan dan daya tahan dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga juga ternyata dapat menghambat penurunan daya tahan tersebut. "Beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan diantaranya dapat meningkatkan kemampuan otak kita. Karena Olahraga bisa meningkatkan kadar oksigen di dalam darah kita, dan mempercepat sirkulasi darah dalam tubuh kita terutama ke otak, hingga hal tersebut bisa meningkatkan kemampuan otak kita," ujarnya.
Olahraga juga dapat menunda proses penuaan, dan proses penuaan merupakan hal yang alami dan pasti terjadi. Akan tetapi dengan olahraga proses tersebut bisa dikurangi lajunya. "Seterusnya dapat mengurangi stress, dalam kehidupan manusia sekarang ini stress adalah penyakit yang sering mendatangi kita karena tekanan hidup, tekanan pekerjaan, tekanan ekonomi dan masalah-masalah kehidupan yang lain, dengan olah raga kita bisa mengurangi kadar stress dalam kehidupan kita," ungkapnya.
Ditambah lagi olah raga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Guru olahraga inipun melihat di era ini banyak yang melakukan olah raga di luar jam, hingga yang tadinya olahraga menjadi sehat malah menjadi sakit. Dan menurutnya aktivitas olahraga bisa meningkatkan hormon-hormon dalam otak kita seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin, dimana hormon-hormon tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.
Hasan menghimbau pada semua kalangan hendaknya melakukan olahraga secara rutin, terutama bagi para orang tua. "Bagi para remaja dan pemuda olahraga untuk seumuran ini bukan hanya dapat membuat sehat, dan senantiasa bugar terus, akan tetapi jika dilakukan dengan serius serta sesuai dengan anjuran bisa menjadikan olah raga yang bersifat karier atau atlit," katanya.
"Tentunya masa muda banyak pilihan jenis olagraga apa yang akan dijadikan pilihan. Dalam olahraga karir ini mempunyai nilai tambah, selain sehat meningkatkan disiplin juga dapat mengangkat harkat martabat daerah bahkan bangsa ini. Saya menghendaki adanya semangat dari remaja dan pemuda dalam menekuni olah raga dengan serius. Bukan hanya harapan itu saja, olah raga berkarir ini mengatakan bahwa olahraga memerlukan dukungan dari berbagai pihak, dan yang paling utama dukungan dari pemerintah.  (ark)

Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar