English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Senin, 27 Januari 2014

Karang Taruna Gelar Maulid Nabi Dua Hari Berturut-turut

BANYUSARI, RAKA- Pengurus Karangtaruna Bharata Desa Gempol, Kecamatan Banyusari, menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW selama dua hari berturut-turut Sabtu (25/1) sampai Minggu (26/1) malam. Bertempat disamping Musala Baitul Jannah, Dusun Kalenraman, RT 01/09 tersebut, mengagendakan ragam perlombaan dan seni musik religi yang diikuti sejumlah  anak-anak dari berbagai desa dan menghadirkan mubalig Kiai Tatang Hidayat atau yang akrab disapa Abah Anom dari Kabupaten Sumedang.
Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Musala Baitul Jannah Dadan mengatakan, dengan mengambil tema menumbuhkan rasa cinta dan bangga pada Nabi Muhammad SA, pihaknya bersama kaula muda yang tergabung dalam Karang Taruna Bharata mengisi sejumlah kegiatan perlombaan. Ia menyebut seperti pildacil, busana muslim, marawis dan qasidahan, meskipun sumber pendanaan hasil sumbangan dan kerjasama sejumlah pihak, namun pihaknya memberikan apresiasi kepada para peserta pemenang dengan ragam hadiah mulai dari tropi dan piagam, karang taruna juga menghadiahi uang pembinaan. Pasalnya, para peserta bukan hanya datang dari Desa Gempol saja, melainkan juga dari berbagai desa dan kecamatan bahkan lintas kabupaten karena tercatat peserta lomba juga ada yang dari Kabupaaten Subang. "Alhamdulillah pasrtisipasinya bagus dari anak-anak muda dan masyarakat, walau dana seadanya tapi tak menyurutkaan semangat perayaan maulid ini," katanya, kepada RAKA, Sabtu (25/1).
Ditemui ditempat yang sama, Ketua Karang Taruna Bharata Gempol H Ratum atau yang akrab disapa Haji Bagong mengakui, di tengah segala keterbatasan Karang Taruna Gempol yang terus eksis disetiap even PHBI, namun pihaknya tak segan untuk menyuguhkan yang terbaik bagi masyarakat. Selain ragam lomba ditampilkan, Karang Taruna Bharata juga menyantuni anak yatim piatu dan jompo sekitar 30 orang, jumlah tersebut hasil penyisiran para anggota karang taruna yang menyebar disetiap dusun. Santunan tersebut, tambahnya, diberikan dalam bentuk nominal uang yang kiranya bisa bermanfaat.
Ditambahkannya, Karang Taruna Bharata sudah rutin mengagendakan perayaan hari besar Islam untuk menggugah kesadaran berfikir islami masyarakat gempol, meskipun dengan ada atau tanpa dukungan pemerintahan desa sekalipun, hal itu dapat diukur dari sejumlah anggotanya yang serius mencari sumber pendanaan sampai ngencleng kemasyarakat maupun kantong-kantong pasar gempol. Diyakininya, Karang Taruna Bharata akan terus menunjukan eskistensinya, wal hasil kegiatan PHBI yang kali ini menghadirkan mubalig Abah Anom dari Sumedang disambut antusias oleh masyarakat. "Kita ingin tunjukan bahwa Karang Taruna Bharata terus berjuang untuk membawa sisi manfaat bagi masyarakat Gempol," ujarnya. (rud)

Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar