English French Spain Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Senin, 27 Januari 2014

Banyak Jalan Menuju UI

KARAWANG, RAKA - Sebagai wujud kepedulian untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan Sumber daya manusia (SDM) di Karawang, Himpunan Mahasiswa Karawang Universitas Indonesia memacu motivasi pelajar karawang untuk berkuliah yang dikemas dalam kegiatan Toska 2014.

Try Out Simak UI Karawang 2014 atau biasa disebut Toska 2014  ini terdiri berbagai kegiatan seperti road show ke 30 sekolah SMA/SMK/ MAN di Karawang, try out untuk masuk UI, seminar motivasi, dan Goes to UI. Raden Diki Dermawan, ketua Pelaksana Toska 2014 mengungkapkan, kegiatan tersebut merupkan inisiatif dari Himpunan mahasiswa Karawang (Himakara ) UI sejak 2013 silam, dan hingga tahun kedua ini masih berjalan. Kegiatan try out kali ini pesertanya mencapai  900 seluruh SMA/ SMK dan MAN di Karawang. Alasan para mahasiswa UI ini memberikan try out karena sebagai salah satu upaya persiapan para pelajar untuk mengikuti UN dan masuk perkulihanan baik itu di UI mauapun universitas lain. Bahkan kabarnya soal try out UI ini kesulitannya 5 kali lipat dari soal UN. "Ini kan jalur khusus masuk untuk ke UI, soalnya lebih susah 5 kali lebih susah dari soal UN, oleh karena itu kita pacu dengan soal-soal ini agar siswa ini terpacu," ungkapnya kepada RAKA, Minggu (26/1).
Lanjut kata mahasiswa FISIP UI, ini program kerja dari himpunan dan juga kerjasama dengan BEM UI ini diharapkan dapat merubah mindset pelajar yang terlalu parno ketika ingin mencoba masuk UI. Oleh karena itu, dengan serangkaian kegiatan Toska 2014 ini menjadi motivasi pelajar Karawang untuk berkuliah. "Mindset pelajar itu susah masuk UI, padahal jalur masuknya banyak, sulit itu karena tidak belum mencoba," imbuhnya.
Selain itu, harapan panitia Toska sebanyak 22 mahasiswa UI asal Karawang ini juga ingin meningkatkan kualitas pendidikan di Karawang agar SDM Karawang semakin berkualitas. Apalagi kata dia, adanya isu pelabuhan dan bandara akan dibangun di Karawang. "Kita ingin memacu mereka mau berkuliah, apalagi akan dibangun pelabuhan perlu pendidikan lebih baik, karena  kuliah dapat memperbaiki SDM," beber alumnus SMAN 1 Karawang ini.
Maka dari itu, dia berharap kegiatan yang melibatkan 22 mahasiwa UI asal Karawang dan sudah mempersiapkan konsep sejak November 2013 ini, bahkan turun ke Karawang pada awal Januari ini dapat bermanfaat.
Dengan jumlah pelajar yang niat untuk berkuliah baik itu UI mauapun universitas lainnya akan lebih meningkat. Karena itu salah satu bentuk kontribusi membangun Karawang. "Diharapkan tahun ini jumlah pelajar masuk ke kita lebih banyak, karena itu juga bisa membangun karawang," timpalnya.
Selain kegiatan try out yang digelar di SMAN 5 Karawang, ini Toska 2014 ini juga diisi dengan kegiatan seminar motivasi berisi mengarahkan dan mengenalkan  program studi yang tepat minat dan bakat. Agar mereka semakin mantap berkuliah di UI nanti. (vid)

Cerita lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar